11:38 PM | Posted in ,
Jangan mengolok-olok orang yang menguap. Menurut penelitian, menguap penting untuk mengatur temperatur otak. Jika menguap, berarti otak kita sedang kepanasan.

Penemuan itu memecahkan beberapa misteri seperti mengapa menguap terjadi sebelum atau sesudah tidur. Selain mengapa suatu penyakit tertentu menyebabkan menguap dalam jangka panjang, dan bernafas lewat hidung serta mendinginkan kepala bagian atas bisa menghentikan menguap.

"Otak seperti komputer. Otak bisa beroperasi dengan efisien jika dingin dan adaptasi fisik dilakukan akan mendinginkan otak,” kata Andrew Gallup, peneliti di Departmen Biologi di Binghamton University yang memimpin penelitian itu.

Penelitian itu menganalisa menguap yang terjadi pada parkit yang mewakili vertabrata. Burung dipilih karena memiliki otak relatif besar, dan hidup di alam liar yang sering terpapar panas. Dan yang terpenting tidak tertular menguap sebagaimana manusia atau binatang lain.

Penularan menguap dianggap sebagai mekanisme untuk menunjang agar kelompok tetap waspada terhadap bahaya, kata Gallup.

Dalam penelitian pada burung, ilmuwan memasukkan parkit dalam tiga kondisi berbeda. Temperatur yang ditingkatkan, temperatur tinggi dan temperatur yang dikontrol.

Menguap tidak meningkat untuk dua kondisi pertama, dan menjadi dua kali lipat saat peneliti menaikkan temperatur. Penemuan ini dilaporkan di journal Animal Behavior.

"Berdasarkan hipotesa pendinginan otak, kami menduga ada jeda panas sebelum menguap bisa terjadi. Sebagai contoh, menguap tidak terjadi saat temperatur tidak melebihi temperatur tubuh, karena mengambil napas dalam-dalam dari udara hangat akan kontra produktif. Sedangkan menguap saat udara sangat dingin akan berbahaya karena mengirim udara dingin ke otak dan bisa menghasilkan hentakan panas,” kata Gallup.[ito]

Category: ,
��

Comments

0 responses to "Pentingnya Menguap Untuk Kesehatan"