3:13 AM | Posted in ,
Widget merupakan suatu fasilitas standar yang di berikan oleh wordpress untuk dapat kita pergunakan dalam membuat blog.

Fungsi widget tersebut sangatlah bervariasi, tergantung dari keinginan kita untuk menampilkan fungsi-fungsi dari widget itu sendiri.

Biasanya kita dalam membuat blog, selain ingin menampilkan hasil tulisan kita, ekspresi kita, juga ingin agar tampilan halaman utama blog kita terlihat meriah, sekaligus enak untuk di lihat oleh pengunjungnya.

Dari widget inilah, maka kita bisa melakukan itu semua, sesuai keinginan kita sekedar untuk membuat tampilan di blog kita jadi lebih oke lagi.

Baik, sekarang saya mo coba sedikit jelaskan tentang fungsi widget yang terdapat di wordpress ini, sekedar mengingatkan tidak setiap webhosting memiliki widget yang sama, jadi masing-masing memiliki fasilitas yang berbeda baik jumlah dan fungsinya.


Nantinya anda akan menemukan halaman baru seperi ini ;


Bila Anda perhatikan, pada panel sebelah kiri, terdapat tulisan Widget yang Tersedia, sedangkan pada panel sebelah kanan ada tulisan Widget Saat ini.

Tulisan Widget Tersedia, adalah beberapa widget yang sudah disiapkan oleh wordpress yang dapat kita pergunakan sewaktu-waktu sesuai keinginan kita.

Adapun Widget Saat ini, adalah widget yang sudah dipergunakan oleh kita pada blog terpasang.

Widget Teks.

Adalah tempat untuk membuat teks atau tulisan yang ingin kita tampilkan pada menu sidebar pada blog kita. Teks yang bisa kita masukan pada widget ini adalah teks dengan format biasa, atau kita langsung tuliskan pada kolom widget teks ini. Tapi juga bisa menggunakan teks yang mengandung kode HTML

Widget Kalender
Adalah widget standar dari wordpress yang akan menampilkan penanggalan atau kalender pada bulan berjalan. Tidak hanya itu, fungsi dari widget ini selain menampilkan tanggal, juga akan memberikan informasi tanggal berapa saja kita telah melakukan posting pada blog kita.

Coba buktikan oleh anda sendiri, anda buat tulisan pada hari ini, kemudian posting dan tertibkan tulisan anda tadi. Secara otomatis bila widget kalender ini anda aktifkan, maka pada angka hari ini akan terlihat sedikit lebih terang dan ada underscorenya. Kalo ini di klik, maka akan menampilkan hasil postingan anda pada hari ini.

Widget Del.icio.us
Adalah widget yang terhubungan dengan del-icio-us, dimana disana kita telah login terlebih dahulu dan kita memajang hasil RSS atau koment yang sudah pernah kita masukan sebelumnya secara otomatis.

Widget Halaman
Berfungsi untuk membuat halaman baru pada menu sidebar di blog kita.

Widget Arsip
Adalah widget yang dapat dipergunakan untuk mencantumkan arsip tulisan kita pada sidebar, sehingga nanti bila pengunjung melihat maka bisa mengetahui posting apa saja yang telah dibuat oleh kita.

Ada beberapa cara, seperti bisa dengan tampilan hanya nama file saja, atau bisa juga dengan arsip yang ditampilkan setiap bulannya. Kalo anda sudah punya banyak postingan yang anda buat, widget ini bisa sangat bermanfaat, karena selain bisa di lihat oleh pengunjung, juga bisa dilihat oleh kita sendiri bila ingin melihat lagi hasil tulisan yang sudah pernah kita buat.

Widget Taut
Ini merupakan widget yang kita buat untuk memasukan daftar link yang ingin kita tampilkan pada blog kita. Jadi bila anda punya daftar link dengan beberapa orang, teman atau sahabat anda, bisa anda masukan disini dalam bentuk daftar link.

Widget Meta
Ini juga merupakan widget standar dari wordpress, yang dipergunakan untuk memasukan beberapa link yang terkait dengan wordpress secara otomatis, pada widget ini juga kalo diaktifkan, akan terdapat link untuk login bagi pemilik blognya.

Widget Myboo
Adalah fasilitas yang diberikan oleh wordpress yang dapat kita pergunakan untuk sarana chatt langsung dari blog kita. Untuk yang satu ini terlebih dahulu kita harus register di myboo.com dan mengisi beberapa form serta mengaktifkan fasilitas chatt yang diinginkan, seperti di YM, Google atau lainnya.

Widget Flickr
Adalah merupakan widget yang dapat kita pergunakan untuk menampilkan foto-foto kita di halaman blog kita. Tentunya kita harus register dulu di flickr.com dan upload beberapa foto yang ingin ditampilkan. Setelah itu nantinya kita diberikan alamat link yang dapat dipasang pada blog kita dengan menggunakan widget flickr ini.

Widget RSS
Adalah widget yang disediakan untuk kita berlangganan RSS dari web lain. Contoh pada widget saya, saya memasang RSS untuk Detik Sport dan RSS Detik.com. Bentuk tampilannya akan seperti di blog saya.

Untuk memasangnya, pada kolom widget RSS ini anda masukan link url RSS yang ingin anda pasang. Dalam blog saya adalah RSS Detik.com.

Widget Mybloglog
Adalah salah satu fasilitas widget yang dapat kita tampilkan dari Mybloglog.com. Seperti biasa kita harus register dulu di Mybloglog ini, baru nanti kita bisa pasang di blog kita seperti pada widget RSS dan widget Flickr.

Widget Komentar
Merupakan widget yang disediakan untuk menampilkan siapa saja yang sudah memberikan komentar pada blog kita yang diurutkan dari komentar terakhir.

Nah, pada dasarnya hanya itu widget yang bisa kita pasang di blog kita. Tapi masih banyak lagi kalo kita mo pasang semua widget ini, sehingga tampilan pada blog kita jadi lebih meriah, rame dan penuh dengan warna-wana. Asyik kan…..

Semua itu tergantung dari ide dan kreatifitas anda, juga maksud dari blog yang anda buat. Jadi cobalah berkreasi lagi dengan lebih baik dan lebih bagus lagi, siapa tahu anda menemukan sesuatu yang mungkin orang tidak tidak punya sehingga mereka jadi ingin memasang seperti kreasi anda itu.

Selamat mencoba mudah-mudahan berhasil. Yang jelas ada menu sidebar atau tidak, lengkap atau hanya sebagian saja, tetap terus nge-blog jangan pernah berhenti sampai disini, bahkan kalo bisa anda mengajak lagi orang lain untuk juga sama bikin blog seperti ini. Pasti seru dan asyik………

Bila ingin komentar, saya persilahkan mengisi di kolom komentar, dan jangan lupa cantumkan pula url link anda, biar nanti saya kunjungi lagi blog anda, Ok say………….

Comments

1 Response to "Tips blog GRATIS lagi: BELAJAR WIDGET"

  1. Anonymous On September 5, 2008 at 7:25 AM

    Wah...terima kasih...
    janji meu datengin blogku kan...
    ayo